UHKBPNP Ajak TPP Desa Simalungun Berpikir Kritis

UHKBPNP Ajak TPP Desa Simalungun Berpikir Kritis

topmetro.news – Ratusan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Simalungun menggelar rapat koordinasi. Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) mengajak para TPP berpikir kritis (critical thinking) untuk percepatan pembangunan daerah.

“Pendidikan mampu meningkatkan kapasitas diri. Kampus hadir untuk membangun desa, karena kampus menjadi satu kekuatan bangsa dan ujung tombak negara,” ujar Rektor UHKBPNP yang diwakili Rindu Marpaung di Auditorium UHKBPNP saat didapuk menyampaikan sambutan, Kamis (28/10/2021).

Berpikir kritis itu tidak mudah menerima sesuatu. Punya pertimbangan, analisis, evaluasi, menuntut penjelasan dengan rinci, metodologis, untuk menyimpulkan sesuatu. Dengan begitu kata Rindu, pendamping desa akan menjadi pendamping profesional.

Selanjutnya, dia mencontohkan bagaimana pengelolaan dana desa di Simalungun yang bersumber dari pemerintah pusat dikelola dengan baik dan benar. “Turunan Permendes itu peraturan bupati (Perbup). Bila pelaksanaan Perbup di lapangan (desa) menimbulkan multi interpretasi dan berpotensi disalahgunakan oleh kepala desa, maka pendamping desa seyogianya menjalankan fungsinya,” ujarnya.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga atau RHS tengah menggalakkan kegiatan Haroan Bolon (gotong royong). Selain itu, RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) dan RAPBD 2022 juga dalam proses pembahasan.

Kolaborasi UHKBPNP

Untuk mewujudkan itu, sejumlah kebijakan pun telah disiapkan. Nah, menurut Rindu tugas pendamping desa tidak hanya mengurusi dana desa akan tetapi juga ikut menggerakkan masyarakat desa merespons masalah pendidikan, ekonomi, politik, pertanian, kesehatan dan lapangan pekerjaan di Kabupaten Simalungun.

“UHKBPNP siap berkolaboraksi dengan masyarakat dan pemerintah. Critical thinking, mampu menggerakkan sumber daya yang ada guna mempercepat pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

Agenda Rakor adalah ‘Sinkronisasi program Kementerian Desa dan Pemerintahan Kabupaten Simalungun dalam Percepatan Dana Desa Tahun Anggaran 2022’

Rakor dipimpin Kordinator TPP, Royani Harahap. Turut hadir Kordinator Provinsi Sumatera Utara, Erwin Lubis dan Asisten 1 Setdakab Simalungun Albert Saragih.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment